Selasa, 09 Oktober 2012

Antropologi suatu ilmu...

x : Kamu ngambil jurusan apa?
y : antropologi (dengan bangga)
x : Oh,ilmu tentang bintang ya?
y : AAAgubraak,bukan,antropologi itu....


Ilmu Antropologi mempelajari tentang manusia baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman, dan lain sebagainya. Objek dari antropologi adalah manusia di dalam masyarakat suku bangsa, kebudayaan dan prilakunya. Ilmu pengetahuan antropologi memiliki tujuan untuk mempelajari manusia dalam bermasyarakat suku bangsa, berperilaku dan berkebudayaan untuk membangun masyarakat itu sendiri.
Anthropologi budaya merupakan kajian budaya, dan berasaskan ethnografi. Ethnografi merujuk kepada methodologi dan hasil kajian. Epistemologi  dalam antropologi membahas mengenai metode yang digunakan dalam antropologi untuk mendapatkan pengetahuan atau hasil kajian.

Teori – teori yang dipelajari antara lain teori antropologi klasik dan teori antropologi modern. Teori antropologi klasik bersifat lama, kuno tetapi berkualitas ,sehingga teori yang muncul masih berlaku. Antropologi klasik mempelajari tentang evolusi kebudayaan, difusi kebudayaan dan partikularisme historis.
Kemudian muncullah teori antropologi modern. Kemunculan teori antropologi modern dikatakan berawal dari tokoh yang bernama Maliownski. Beliau menggunakan metode “participation observation” yaitu dengan cara hidup bersama masyarakat yang diteliti selama satu setengah tahun. Dari penelitian lapangan dan pustaka muncul paradigma evolusi kebudayaan, difusi kebudayaan, study perbandingan dan partikularisme historis.
Sudah ngerti kan pembaca sekilas tentang cabang ilmu ini :)

~shasha 9/10/12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar